WHAT’S HOT NOW

ads header

News

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Sosok

Kabar Dari Manca

Sambang Klub

» »Unlabelled » Legenda Negeri Jiran Tutup Usia


DUNIA bulu tangkis tengah berduka. Pada 28 Januari lalu, legenda olahraga bulu tepok asal Malaysia Eddy Choong tutup Asia di negaranya.
 Pada era 1950-an Eddy sangat disegani. Dia mampu menjadi juara tunggal putra turnamen bergengsi All England selama empat tahun 1953, 1954, 1956, dan 1957. Dalam turnamen yang dilaksanakan di Inggris tersebut, lelaki yang tutup usia pada umur 82  tahun tersebut juga mampu menjadi finalis All England pada  1952 dan 1955.
  Selain turu di tunggal, lelaku dengan tinggi 157 sentimeter tersebut juga jago di nomor ganda. Berpasangan dengan saudaranya, David, keduanya meraih title All England pada 1951, 1952, dan 1953. Hasil manis di All England tersebut membuat Eddy mampu mematahkan dominasi Eropa meski posturnya terhitung kecil. Dia pun ikut menjadi bagian tim Malaysia saat menjuarai Piala Thomas 1955.Selama karirnya di bulu tangkis, Eddy mengukir 75 gelar di 14 negara.  Bahkan, saat usianya 53 tahun, dia masih bisa menjadi juara di turnamen veteran All England nomor ganda.
 Atas dedikasinya tersebut, IBF (Federasi Bulu Tangkis Internasional, yang kini berganti menjadi BWF, mengabadikan namanya untuk memberi penghargaan pebulu tangkis terbaik. (*)

PRESTASI TINGGI: Eddy Choong saat masih aktif (foto: nst.com.my)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama