WHAT’S HOT NOW

ads header

News

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Sosok

Kabar Dari Manca

Sambang Klub

» »Unlabelled » Nama Tokoh Indonesia, Angkat Trofi Belum

Tim Junior Indonesia 

PEKAN ini, sorotan insan bulu tangkis tertuju kepada Kejuaraan Dunia Junior 2013. Event tersebut khusus bagi atlet olahraga tepok bulu yang usianya masih di bawah 19 tahun.
 Tapi, BWF (Federasi Bulu Tangkis Dunia)lebih menyebutnya sebagai Suhandinata Cup. Dilihat dari namanya, tokoh yang diabadikan namanya tersebut seperti berasal dari Indonesia.
 ‘’Nama ayah memang dipakai untuk Kejuaraan Dunia Junior yang dilaksanakan di Bangkok,’’ kata Justian Suhandinata, putra Suharso Suhandinata, tokoh yang diabadikan menjadi nama event Kejuaraan Dunia Junior.
 Ya, Suharso Suhandinata merupakan salah satu tokoh bulu tangkis dunia asal Indonesia. Bahkan, lelaki kelahiran Bandung 16 September 1916 dan wafat pada 11 November 2010 tersebut juga dikenang sebagai diplomat bulu tangkis.
 Karena perannya, induk organisasi bulu tangkis dunia yang terpecah menjadi dua, IBF (International Badminton Federation) dan WBF (World Badminton Federation) mampu disatukan. Selain itu, masih ada dedikasi lain dari Suhandinata yang sangat besar bagi olahraga tepok bulu tersebut.
 Apa itu? Suhandinata merupakan tokoh yang getol memperjuangkan agar  bulu tangkis bisa dipertandingkan di Olimpiade. Perjuangan ini pun membuahkan hasil.
 Mulai Olimpiade 1992 di Barcelona, bulu tangkis secara resmi sudah menjadi cabang olahraga di event empat tahunan tersebut. Menariknya, kali pertama dilaksanakan, Indonesia mampu meraih dua emas melalui Alan Budikusuma di nomor tunggal putra dan Susi Susanti di tunggal putri.  Alan dan Susi pun dikenal sebagai pasangan emas karena keduanya akhirnya menikah.
 Dengan diabadikannya Suhandinata menjadi nama titel Kejuaraan Dunia Junior sejak 2010 membuat ada dua event bulu tangkis yang memakai nama putra Indonesia. Sebelumnya, sejak 1989, kejuaraan beregu campuran dinamai Piala Sudirman.
 Beda dengan Piala Sudirman, di ajang Piala Suhandinata, Indonesia belum pernah juara. Untuk 2013 ini, kesempatan tersebut terbuka karena untuk kali pertama, Indonesia lolos ke final.
 Untuk ajang Piala Sudirman, Indonesia pernah menjadi juara pada 1989. (*)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama