WHAT’S HOT NOW

ads header

News

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Sosok

Kabar Dari Manca

Sambang Klub

» »Unlabelled » Liga Malaysia Putar Tahun Depan

LOKAL: Liew Daren (foto: badminton)

ADANYA liga bulu tangkis di beberapa negara membuat Malaysia gerah. Negeri jiran tersebut bakal menggelarnya mulai tahun depan atau 2014.
 Adalah  Looi Badminton Academy yang memulai gagasan tersebut. Pada Senin (2/9), manajer klub tersebut Jack Koh mengatakan mereka akan menggelar liga yang dinamani  Purple  League pada tahun depan. Biaya yang dikeluarkan pun lumayan besar 5 juta ringgit Malaysia. Mereka berharap Liga Malaysia menjadi salah satu kompetisi terbaik di atas bumi ini.
 Seperti dikutip dari sebuah media di Malaysia, dengan dukungan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaludin serta mendapat restu dari Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM), liga ini akan direncanakan dengan matang.
 Di antara negara yang jadi kekuatan olahraga tepok bulu, Malaysia menjadi negara yang tak punya liga bulu tangkis. Mereka kalah dengan Tiongkok, India, Indonesia, Jepang, Jetman, dan Denmark.
 Di antara negara-negara tersebut, India yang baru saja menggelar liga. Dengan titel Indian Badminton League (IBL), para pebulu tangkis papan atas dunia ikut serta.
 Sebut saja tunggal putra peringkat teratas dunia saat ini asal Malaysia Lee Chong Wei, mantan juara dunia tunggal putra asal  Indonesia Taufik Hidayat, dan juga juara tunggal putri All England Super Series Premier 2013 Tine Baun dari Denmark. Total hadiahnya pun cukup menggiurkan USD 1 juta atau lebih Rp 10 miliar.
 Liga di Malaysia nanti bakal diberi nama Purple League. Menurut Jack ada alasan kuat yang mendasari.
‘’Sebenarnya, kami mau memberi nama Premier. Tapi, nama tersebut sudah dipakai di sepak bola,’’ jelas dia.
 Purple atau dalam Bahasa Indonesia berari Unggu, lanjut dia, adalah tingkat tertinggi dalam susunan warna. Dibandingkan liga di negara lain, lanjut Jack, Purple League bakal punya perbedaan.
 ‘’Purple League akan ada dua. Satu untuk pebulu tangkis di atas 19 tahun dan yang satunya di bawah 19. Kami juga mengutamakan peembinaan,’’ ungkap dia.
 Ini akan membuat peserta juga menyiapkan tim junior.  Peserta nanti, lanjut Jack, ditargetkan 18 tim.
 ‘’Format yang akan dipakai adalah home and away dan harus memakai nama negara bagian,’’ paparnya. (*)

RENCANA LIGA BULU TANGKIS MALAYSIA:
Titel: Purple League
Peserta: 18 tim
Level: Senior dan Junior
Format pertandingan: Home and Away
Komposisi pertandingan: Tiga partai tunggal dan 2 partai ganda

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama