WHAT’S HOT NOW

ads header

News

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Sosok

Kabar Dari Manca

Sambang Klub

» »Unlabelled » Cai Yun/Fu Haifeng pun Dicarikan Lagi Pasangan

BONGKAR PASANG: Cai Yun/Fu Haifeng (foto: thestar)

TIONGKOK terus mencari komposisi yang pas buat pasangan ganda putra senior, Cai Yun dan Fu Haifeng. Setelah dipisah dan kembali digabungkan, kini keduanya pun kembali (lagi) diceraikan dan dicarikan pasangan baru.
 Dalam Malaysia Super Series Premier  yang dilaksanakan 14-19 Januari 2014, Cai Yun berpasangan dengan Chen Liu. Sementara, Fu Haifeng ditandemkan dengan Zhang Nan.
 Sebenarnya, Cai/Yu merupakan pasangan tangguh di pentas bulu tangkis dunia. Hanya, kehadiran beberapa pasangan baru, termasuk ganda Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, membuat dominasi mereka goyah. Padahal, secara prestasi, belum ada pasangan yang mampu menggeser mereka.
 Cai/Yun mampu dua kali lolos ke final dua olimpiade terakhir. Hasilnya, pasangan Negeri Panda, julukan Tiongkok, tersebut meraih emas di London 2012. Sedang di kandang sendiri, Beijing 2008, keduanya kalah oleh pasangan Indonesia Hendra Setiawan/Markis Kido.
 Yang lebih fenomenal dalam Kejuaraan Dunia.Cai/Yu empat kali menjadi juara (2006, 2009, 2010, 2011), dan dua kali menembus semifinal (2003, 2013).
Sayang, memasuki 2013, prestasi pasangan yang sama sama berusia 33 tahun tersebut meredup. Tidak satu pun gelar mereka raih.
 Imbasnya, setelah Kejuaraan Dunia 2013 di Guangzhou, Tiongkok, pada Agustus 2013, keduanya dipisahkan. Cai berpasangan dengan Chai Biao dan Fu bersama Hong Wei.
 Tapi, kedua pasangan anyar ini pun tak memberikan hasil memuaskan. Kegagalan sering mengiringi Cai/Chai dan Fu/Hong.
 Akibatnya, Cai/Fu dipasangkan lagi dalam Hongkong Super Series 2013. Hasilnya jeblok juga. Keduanya kalah oleh pasangan Rusia Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov di babak kedua dengan rubber game 16-21, 21-18, 20-22.
 Cheng Liu, yang jadi pasangan Cai, merupakan pebulu tangkis spesialis ganda. Namun, dia lebih moncer di ganda campuran berpasangan dengan Bao Yixin. Kali terakhir, Cheng/Bao menembus babak final di Hongkong Super Series 2013.
 Begitu juga dengan Zhang Nan. Bahkan, prestasinya di ganda campuran lebih mentereng.
 Bersama Zhao Yunlei, yang juga kekasihnya, mereka merupakan peraih emas Olimpiade London 2012 dan juara dunia 2011. Pada Kejuaraan Dunia 2013, Zhang/Zhao harus puas di posisi kedua setelah dikalahkan pasangan Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. (*)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama